Change It or You will be change

Standar

Ubah itu atau kau akan dirubah…..

Change it (ubahlah itu) yang saya maksud disini adalah bagaimana kita mampu mengubah lingkungan kita saat ini dengan kemampuan yang kita miliki. Kenapa kita harus mengubahnya? Jika kita tidak mengubah hal tersebut maka yang akan terjadi adalah kita yang akan diubah oleh lingkungan kita.

Hal diatas merupakan pengalaman yang telah saya alami secara langsung disaat saya mulai masuk ke bangku kuliah. Dimana pada saat itu saya masuk ke dalam sebuah lingkungan yang benar-benar baru. Tatkala saya masuk kedalam lingkungan tersebut saya mengalami perubahan pada diri saya oleh lingkungan saya pada saat itu. Dimana sebuah prinsip yang pernah saya pegang selama saya duduk di bangku SMA dengan budah digantikan oleh nilai-nilai yang berlaku di lingkungan saya pada saat itu.

Perubahan yang terjadi tersebut, secara tidak sadar terjadi pada diri saya. Contohnya saya kala itu lebih memilih untuk selalu bersenang-senang sesuai dengan lingkungan baru saya itu daripada bersikap sesuai prinsip yang saya miliki. Atau lebih senang bersenda gurau yang tidak bermanfaat daripada melakukan kegiatan yang bermanfaat. Mungkin masih agak ngabur juga yah. memang saya nggak bisa nyeritainnya secara terang-terangan disini…semoga masih bisa difahami.

Yah,  itulah yang terjadi ketika kita tidak mampu untuk mengubah lingkungan kita, maka secara lambat laun kita lah yang akan diubah menjadi pribadi-pribadi yang memiliki karakter seperti karakter lingkungan kita pada saat itu. Klo lingkungan kita memiliki nilai-nilai yang positif sih, ga masalah tapi klo lingkungan yang lebih banyak nilai-nilai negatifnya gimana? Hayo…..

Klo memang kita masih belum bisa mengubah lingkungan kita sebaiknya kita tetap bersama dengan lingkungan kita sebelumnya. Hal ini agar prinsip-prinsip yang kita miliki masih bisa kita pertahankan dilingkungan baru kita. Karena banyak teman saya termasuk saya juga mengalami hal ini. Tidak mampu mempertahankan prinsip yang kami miliki dan seiringnya waktu akhirnya kebanyakan prinsip yang kami miliki berubah begitu saja. Hanya ada sedikit yang menyadari hal tersebut, kebanyakan malah keasyikan dengan perubahan prinsip tersebut bahkan tidak menyadari hal tersebut.

Sehingga benar sekali jika seseorang itu dibentuk oleh lingkungannya, walau sekuat apapun orang tersebut bisa bertahan lingkungannya jika ia tidak memiliki lingkungan yang mampu menjaganya maka lambat laun ia akan diubah oleh lingkungan tersebut.

Tinggalkan Balasan

