Kenapa Kita percaya Tuhan itu Ada?

Standar

Pernahkah kita bertanya pada diri kita masing-masing, mengapa Kita percaya bahwa Tuhan itu ada? Atau belum pernah terfikir untuk menanyakan  hal tersebut pada diri kita? Secara umum kebanyakan dari kita akan beranggapan Tuhan itu ada karena  ketika masih kecil orang tua kita juga percaya bahwa Tuhan itu ada. Sehingga sampai saat ini kita percaya tuhan itu ada tanpa mempertanyakan kembali kenapa kita menganggap bahwa tuhan itu ada.

 

Ketika pertanyaan diatas diajukan mungkin diantara kita yang dengan yakin menjawab bahwa Tuhan itu ada, mungkin ada juga yang menjadi ragu akan keberadaanNya. Dan bagi sebagian lainnya akan menjawab bahwa sesungguhnya Tuhan itu tidak ada.

 

Kenapa ada orang yang yakin, ragu dan bahkan menolak  keberadaan Tuhan. Pada dasarnya manusia tidak akan mengatakan sesuatu itu ada sebelum mereka melihat bahwa sesuatu itu memang ada atau adanya suatu bukti yang menyatakan sesuatu itu ada. Apakah kita akan percaya ketika ada seseorang berkata bahwa ada “ular bertelur keluar naga?”  Oh, tidak bisa. Kita tidak akan sebodoh itu mempercayainya, kenapa? Karena kita belum pernah melihatnya dan belum pernah ada bukti yang menunjukan bahwa hal itu ada.

 

Pada dasarnya segala sesuatu itu ada karena ada yang membuatnya. Kita bisa ada di dunia ini karena kita dibuat oleh kedua orang tua kita. Lalu siapa yang membuat keduanya? Tentu saja generasi sebelumnya. Dan jika dirunut terus sampai seterusnya maka kita akan menemukan bahwa manusia tidak akan pernah ada tanpa adanya laki-laki dan perempuan yang pertama. Lalu bagaimana keduanya itu bisa ada, apakah terbentuk secara sendiri.

 

Dan jika mereka ada karena hasil evolusi, lalu bagaimana makhluk yang pertama kali ada terbentuk. Apakah tersusun dari molekul-molekul atom begitu saja. Jika memang seperti itu, kenapa sekarang hal itu tidak terjadi lagi? Atau lebih jauh dari itu, siapa kiranya yang membuat bumi dan langit ini. Jika jawabannya adalah proses yang berulang tanpa pernah ada awal maupun ujungnya. Lalu siapa yang membuat proses tersebut? Yang paling mendasar siapa kiranya yang menciptakan materi?

 

Akan begitu banyak pertanyaan yang akan muncul ketika kita tidak meyakini bahwa di luar sana ada suatu Dzat yang maha Kuasa. Yang telah mengatur segalannya seproporsional mungkin. Sehingga semua yang ada di langit dan di bumi berjalan dengan harmonis. Jika itu bisa berjalan begitu saja tanpa ada yang mengaturnya, coba kita renungkan kembali?

5 thoughts on “Kenapa Kita percaya Tuhan itu Ada?

  1. saya percaya bahwa allah itu ada karena setiap kali sy mempunyai masalah sy selalu curhat kepada allah dan meminta pertolongan dan petunjuknya ,,allah mengabulkan setiap permintaan dan permohonan sy

  2. JOKO EDAN

    gw percaya ada nya tuhan tp tdk percaya dg tuhan. gw anggap dia spt penguasa yg lain. tdk peduli dg org kecil spt gw. gw berthn thn minta tolong kpd tuhan tp dicuekin. shg gw punya mslh dan penyakit berlarut larut. knp gw kalau berbuat baik dicuekin tuhan. tp kalau gw berbuat jahat diazab tuhan. gw rajin ibadh dicuekin tuhan. gw rajin maksiat diazab tuhan. pucinx. mentang2 tuhan tdk butuh gw tp gw yg butuh tuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s