Mengobati Rasa Jenuh

Standar

Setiap orang pasti pernah mengalami kejenuhan. Sebagian dari kita mungkin biasa menganggapnya sebagai rasa bosan tenan alias BT. sedangkan bagi mereka aktivis, keadaan ini mereka kenal dengan bahasa futur alias lemah semangat.

sebelum bicara obatnya, tentu saja kita harus tahu apa penyebab kejenuhan itu melanda. Ibaratnya dokter, sebelum memberi obat dia harus tahu dulu penyebabnya, setelah itu barulah diberikan obat yang cocok dengan dosis yang tepat.

Oke kita mulai dari kata jenuh. apa itu jenuh? jenuh dalam kamus bahasa Indonesia diartikan dengan “bosan, jemu, atau suatu keadaan dimana ada perasaan bosan atau jemu dengan situasi atau kondisi tertentu”. Rasa bosan atau tidak semangat dalam beraktifitas akibat rutinitas yang terus berulang. Sangat sedikit mengalami perubahan suasana, sehingga terbentuk suasana yang selalu membuat semangat.

Rasa jenuh bisa muncul akibat menjalankan rutinitas yang sama setiap harinya. seperti hal yang terjadi pada tokoh squidward di film sponge bob. Ketika itu, ia berpindah ke sebuah lokasi dimana para makhluk bertentakel sejenisnya tinggal. Di sana setiap orang memiliki rumah yang sama dan aktifitas yang sama setiap harinya. Pada awalnya kehidupan yang teratur terasa begitu menyenangkan, namun seiring berjalannya waktu. akhirnya ia merasa bosan dengan kegiatannya. dan akhirnya melakukan suatu aktifitas yang diluar kebiasaannya. Dari kisah squidward ini kita bisa mendapatkan satu obat dalam mengatasi kejenuhan, yaitu keluar dari rutinitas yang ada. Mencari hal lain yang dapat merefresh pikiran kita dari semua kejenuhan tersebut.

Kejenuhan bisa kita atasi dengan pergi bermain ke suatu lokasi yang membuat kita senang, atau suatu hal yang membuat kita senang dan sedikit melupakan kejenuhan kita. cara ini mungkin efektif untuk melepaskan kejenuhan kita. hanya saja efeknya sangat kecil menurut saya. ketika kita kita kembali pada keadaan asal kita, kejenuhan itu bisa kembali melanda kita.

ketika kita meninggalkan kegiatan rutin, bisa jadi akan muncul masalah lain karena kita tinggalkan. Dan hal tersebut bisa menambah kejenuhan kita nantinya. Jika keadaaan memang seperti itu kita bisa mengambil altenatif lain.

Kita tetap menjalankan aktifitas rutin kita itu, dan mencari kegiatan yang tidak menghabiskan waktu kita tetapi kegiatan untuk melampiaskan kejenuhan kita. Bagusnya kita cari kegiatan pelampiasany yang bermanfaat. misalnya kita senang dengan kegiatan kesenian atau latihan beladiri. Kita tetap bisa melakukan aktifitas rutin dan bisa melampiaskan kejenuhan kita pada kegiatan kesenian atau beladiri tadi.

Pada dasarnya, tiap orang menyadari keadaan yang dialaminya. begitu pula ketika kita sedang jenuh. Sebenarnya kita sadar kita sedang jenuh, hanya saja kita mau terus-terusan begitu atau tidak.

Jadi yang obat yang paling utama untuk mengobati rasa jenuh adalah niat kita. Kalo niatnya dah muncul, yakinlah tidak akan lama lagi rasa jenuh itu bisa anda hilangkan

2 thoughts on “Mengobati Rasa Jenuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s