Kenapa ada banyak Agama?

Standar

Setiap orang yang lahir pasti akan beragama seperti agama kedua orang tuanya dan kita pun sama, beragama karena orang tua kita beragama. Seiring berjalannya waktu, usia semakin bertambah dan dengan bertambahnya usia fungsi kerja organ-organ pada tubuhnya semakin baik. Terutama otak kita, dengan kinerja fungsi otak  yang semakin baik. Kita akhirnya mulai berfikir dan menalar segala sesuatu yang terjadi dan yang kita yakini.

Mulai muncul banyak pertanyaan-pertanyaan ke dalam benak kita. Salah satunya, jika Tuhan itu ada kenapa Dia menciptakan begitu banyak agama? mana yang benar? apakah hanya satu yang benar atau semuanya benar?

Pertama, kanapa Agama itu ada? pernahkah kita liat sebuah produk pabrik, misalnya kita membeli sebuah HP. ketika kita membelinya apakah hanya HPnya saja yang kita dapatkan? biasanya kita akan mendapatkannya dalam bentuk paket, dimana isinya ada HP, Charger, Manual Book, dll.

kira-kira kenapa ada manual booknya ketika kita beli HP? kenapa pabrik memberikan manual book dalam produknya. tidak lain dan tidak bukan manual book itu ada sebagai petunjuk penggunaan produknya. Agar produknya bisa kita gunakan dengan baik, dan tidak rusak karena kesalahan dalam menggunakan produk.

Begitu juga Tuhan, Dia yang menciptakan alam semesta ini beserta isinya dengan manual booknya. Agama merupakan manual book dari penciptaan alam semesta ini. Adanya agama adalah untuk penunjuk kehidupan kita. dengan adanya agama maka ada parameter baik dan buruk yang jelas.

ibaratnya seorang Robin hood, dia menganggap tindakannya mencuri adalah perbuatan yang benar, karena mengambil uang dari orang yang yang pelit. sedangkan bagi mereka yang menjadi korban menganggap perbuatan itu sebagai perbuatan yang salah.

kebenaran yang berdasarkan akal manusia, nilainya relatif. setiap orang punya nilai kebenarannya masing-masing. dengan demikian tidak ada kebenaran mutlak jika hanya mengandalkan akal. Oleh karena itu, kebenaran mutlak hanya ada pada Tuhan, yaitu agamaNya.

Kedua, Jika benar Tuhan menurunkan Agama sebagai petunjuknya lalu agama mana yang benar? bukankah saat ini banyak agama hadir dalam kehidupan kita? Karena nilai kebenaran mutlak hanya ada satu, sangat jelas bahwa hanya ada satu agama saja yang benar.

Agama yang ada semenjak produk pertama manusia pertama kali diciptakan. artinya agama yang langsung di wahyukan oleh Tuhan kepada manusia lewat perantaranya. agama yang mana, cukup cari tahu saja lewat sejarahnya. Ada yang lahir karena tradisi, ada yang karena nama tempatnya, dan ada juga karena seseorang.

Untuk mudahnya kita cari saja agama mana yang menunjukan bahwa Tuhan itu hanya ada satu dan tidak ada Tuhan selainnya. Agama yang sesuai dengan fitrah yang dimiliki manusia serta sesuai dengan nalar/logika manusia.

bersambung….

2 thoughts on “Kenapa ada banyak Agama?

  1. Artikel yang menarik. Bagus sekali analogi agama dengan manual book HP. Sedikit memberikan pencerahan untuk saya tentang pertanyaan yang sama.

    Salam kenal😀

  2. sheila

    Anda mengatakan di akhir bahwa agama yg benar adalah yg sesuai nalar atau logika manusia –> padahal tadi di awal anda jg mengatakan tidak bisa manusia menentukan kebenaran berdasarkan akalnya sendiri. Pendapat anda bentrok. Kalau sama2 pakai akal untuk menentukan mana agama yg benar, ya sama saja donk.

    Jadi analisa anda masih blum mnjawab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s