Cuma 5 cm

Standar

Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu.
Dan…
sehabis itu yang kamu perlu…
Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya,
tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya,
mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya,
lapisan tekad yg seribu kali lebih keras dari baja…
Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya…
Serta mulut yang akan selalu berdoa”

― Donny Dhirgantoro (5 cm)

Quote diatas merupakan quote yang  paling saya suka setelah membaca buku 5 cm meski pada awalnya saya tidak begitu tertarik untuk membaca buku tersebut. Kenapa saya tidak tertarik membacanya? Sederhana saja. Saya termasuk orang yang kurang tertarik dengan novel. Namun setelah membaca buku 5 cm ini saya memutuskan bahwa novel ini merupakan karya yang bagus dan patut untuk dibaca.  Ada beberapa hal yang saya sukai dari buku ini

1.       Karakter kelima tokoh

Dalam setiap penulisan cerita, tokoh bisa dikenalkan dengan banyak cara. Salah satunya dengan diperkenalkan secara langsung oleh penulis seperti tokoh dalam novel 5 cm ini di awal cerita. Setiap tokoh memiliki keunikannya masing-masing seperti halnya dalam kehidupan kita. Setiap orang memiliki karakter dan ciri khas tersendiri meski sekembar identik apapun.

Keunikan atau ciri khas inilah yang seharusnya yang kita pegang dalam hidup kita. Bukan malah mencoba menyerupai orang lain agar diri kita disukai. Lebih baik menjadi diri kita apa adanya dengan segala kelebihan dan kekurangan kita. Dibenci karena kekurangan kita lebih baik daripada kita disukai karena berpura-pura menjadi orang lain.

2.       Kebiasaan yang dimiliki Genta n the Gank

Baru terpikirkan oleh saya bahwa kita bisa menerapkan sebuah aturan kecil untuk membiasakan habits yang baik. Seperti halnya Genta n The Gank dalam kisah 5 cm ini. Mereka memiliki satu kebiasaan unik dikelompoknya, yaitu tidak membicarakan keburukan orang lain dibelakangnya. Aturan ini boleh mereka langgar hanya jika terpaksa dan itupun dilakukan maksimal hanya tiga menit saja.

Pada dasarnya tidak ada satupun orang yang senang kejelekannya dibicarakan di belakang mereka. Sayangnya, kebanyakan kita justru senang membicarakan kejelekan orang dibelakangnya baik dalam keadaan sadar ataupun tidak. Mengklarifikasi langsung kepada orang bersangkutan akan jauh lebih baik daripada membicarakan dibelakangnya karena dengan itu kita akan menjaga nama baiknya.

3.       Lost Contact

Ada kalanya kita butuh waktu untuk keluar dari rutinitas kita dan memutuskan kontak kita dengannya. Dengan demikian ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Kita akan sangat merindukan rutinitas kita dan ingin kembali beraktivitas seperti biasa atau kita benar-benar merasa terbebas dari rutinitas kita dan melupakannya sama sekali.

Pada kasus ini yang kita harapkan adalah kemungkinan pertama dimana kita akan kembali merindukan aktivitas kita. Oleh karena itu diperlukan batas waktu yang jelas kapan kita harus mulai kembali hubungan kita dengan aktivitas lama kita dan merasakan nikmatnya beraktivitas kembali.

4.       Quote Hendri Dunant

“Sebuah negeri tidak akan pernah kehabisan stok pemimpinnya selama masih ada pemuda yang senang main ke gunung, hutan dan pantai” kurang lebih maknanya seperti itu, kalau redaksi lengkapnya saya kurang hafal. Saya termasuk orang yang setuju dengan kalimat di atas. Ada yang bilang pemimpin itu dilahirkan dan ada juga yang bilang bahwa pemimpin itu diciptakan. Menurut saya tidak penting pemimpin itu dilahirkan ataupun diciptakan yang jelas jiwa kepemimpinan tidak dapat dimiliki dengan mudah.

Perjalanan ke alam sangat bisa membentuk jiwa kepemimpinan. Manusia akan mendapatkan banyak nilai kehidupan ketika Ia berada di alam liar.  Manusia akan mengenal siapa dirinya, lingkungannya dan bagaimana bersikap bijak dalam menapaki jalan kehidupan.

 

5.       Kekuatan mimpi

Jangan remehkan mimpi yang kita miliki meski sekecil atau sekonyol apapun mimpi kita karena apa yang kita mimpi kan hari ini akan menjadi kenyataan hari esok dan apa yang terjadi kepada kita hari ini merupakan bagian dari mimpi kita sebelumnya.  Saya sendiri sering merasakan kekuatan sebuah mimpi. Seperti halnya dalam buku ini,- “Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu.”- biarkan diri kita senantiasa melihat mimpi kita karena dengan demikian tanpa sadar ada suatu kekuatan yang mengarahkan diri kita menuju mimpi tersebut atau yang lebih baik darinya. Yakin lah ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s