Inilah Saya

Halaman

Pemuda kecil ini di kenal dengan nama Sunarko. Ia lahir di kota Bandung meskipun kedua orang tuanya berasal dari jawa tengah. Pemuda kecil ini merupakan anak laki-laki terakhir di keluarganya. Beruntung ia adalah anak kelima dari 6 bersaudara, sehingga ia memiliki banyak kakak yang selalu mendukungnya.

Pemuda kecil ini senang sekali tersenyum. Ia sangat senang jika dapat membuat orang-orang disekitarnya bahagia. Ia memliki mimpi untuk menjadi seorang entrepreneur suatu saat kelak. Terinspirasi oleh sosok Rasulullah yang menjadi panutannya.

“ Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya”

Sepenggal hadits yang menjadi inspirasi hidupnya. Memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi dunia. Semakin banyak Ia dapat memberi manfaat bagi dunia maka semakin bahagialah Ia.

 

1. URUTAN BAKAT

  1. CONNECTEDNESS, senang mengaitkan peristiwa yang satu dengan peristiwa lainnya dan lebih percaya bahwa setiap kejadian pasti memiliki alasan/sebab daripada kebetulan.

Penuh pertimbangan, penuh perhatian, dan mudah menerima; inilah kata-kata yang tepat baginya

Yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi pasti ada sebabnya, karena dalam pikirannya semua saling berkaitan. Tema bakat ini merupakan salah satu bakat yang banyak terdapat pada peran: Pendengar dan Pemberi Saran/Counselor, Leader dalam membangun team yang berbeda kelompok atau membantu orang merasa berguna.

  1. BELIEF, senang melayani orang lain dengan tulus, karena menganggapnya sebagai perbuatan yang mulia dan mendatangkan manfaat bagi diri maupun orang lain. Memiliki nilai-nilai luhur yang tidak pernah berubah. Nilai-nilai ini mempengaruhi sikapnya dalm berbagai hal serta memberikan arti dan kepuasan dalam hidupnya.
    1. Baginya hasrat untuk menjadi bagian dari kegiatan yang bermanfaat bagi dunia adalah yang paling utama.
    2. Komitmen terhadap keluarga merupakan hal yang sangat bernilai.
    3. Membantu orang lain (ringan tangan), mendahulukan orang lain dan menjaga etika merupakan bagian penting dari hidupnya.
    4. Baginya, sukses itu lebih daripada sekedar uang dan prestige tapi berani berkorban untuk orang lain.
    5. Memberikan pelayanan dan bantuan bagi orang lain tanpa pamrih.

Tema bakat ini merupakan salah satu bakat yang banyak terdapat pada peran: Pelayanan Pelanggan, CRM, Maintenance, Perawat, Pekerja Sosial, Relawan.

  1. RELATOR, Menikmati hubungan yang dekat atau erat dengan orang lain secara pribadi dan menemukan kepuasan mendalam dalam bekerja keras dengan teman-temannya untuk mencapai tujuan.

 

    1. Memiliki keinginan untuk memahami hal-hal yang bersifat pribadi atau personal tentang orang lain (seperti impian, hasrat, ketakutan, perasaan, dan lain-lain), dan juga ingin agar mereka memahaminya.
    2. Merasa nyaman dalam hubungan yang akrab. Bila telah terjalin hubungan, maka akan berusaha untuk membina hubungan yang lebih mendalam lagi.

Tema bakat ini merupakan salah satu bakat yang banyak terdapat pada peran: Account Sales, Katalisator dalam hubungan kepercayaan, bisa menjadi model peran dalam hubungan kepercayaan.

  1. DEVELOPER, senang mengenali dan menggali potensi yang terdapat pada diri orang lain dan mendapatkan kepuasan dari setiap kemajuan masing-masing individu.
    1. Dapat melihat potensi yang ada pada diri orang lain. Semua potensi tersebut itu dapat terlihat olehnya.
    2. Senang membantu orang lain mencapai kesuksesan dan mencarikan mereka jalan untuk mencapai kesuksesan tersebut.

 

Tema bakat ini merupakan salah satu bakat yang banyak terdapat pada peran: Manajer, Guru, Pelatih, Pembimbing, Petugas Sosial.

 

  1. INCLUDER/INCLUSIVENESS, kecenderungan untuk menerima semua orang dan selalu berusaha agar semua orang mempunyai rasa memiliki dalam kelompok.
    1. “Memperbesar kelompok”. Inilah filosofi dan pandangan hidupnya.
    2. Memberikan perhatian pada siapapun yang merasa terasing dan berusaha membuat mereka merasa diterima.
    3. Baginya membuat semua orang merasa bagian dari kelompok adalah penting, karena semua orang akan merasakan manfaat dari dukungan yang lainnya
    4. Kita semua sama-sama penting . Jadi, tidak ada seorang pun yang boleh diabaikan.

Tema bakat ini merupakan salah satu bakat yang banyak terdapat pada peran: Motivator kelompok, Wakil suara minoritas, Pemimpin kelompok dengan latar budaya beragam, Mentor bagi mereka yang baru bergabung di dalam organisasi.

  1.  COMMUNICATION, mudah sekali mengungkapkan apa yang dipikirkannya melalui kata-kata atau tulisan yang mudah dimengerti oleh orang lain.
    1. Dapat mengangkat dan membuat topik sederhana menjadi menarik dengan bumbu kata-kata yang berwarna-warni.
    2. Senang menjelaskan, menjabarkan, bercerita, berbicara di depan umum, dan menulis.

Tema bakat ini merupakan salah satu bakat yang banyak terdapat pada peran: Pengajar Sales, Marketing, Humas, Juru Bicara, Juru Kampanye, Presenter, MC, Pengacara, Layanan Pelanggan, Penulis.

  1. RESPONSIBILITY, memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi atas komitmen yang telah dibuat, baik besar ataupun kecil, dan merasa terikat secara emosional atau psikologis untuk memenuhi atau menjalaninya hingga selesai.
    1. Melaksanakan tugas yang diberikan dengan sepenuh hati dan tidak peduli seberapa sulit tugas tersebut, bila ia menerimanya.
    2. Memiliki rasa kejujuran dan kesetiaan.
    3. Merasa berhutang untuk memenuhi apa yang telah dijanjikannya.

Tema bakat ini merupakan salah satu bakat yang banyak terdapat pada peran: Account Sales, HSE, Manajer, Keuangan, Quality Control, Keamanan.

 

2. PETA BAKAT (TALENTS MAPPING)

 AMBASSADOR (AMB):

Anda senang membina hubungan persahabatan , senang berkomunikasi dan terpercaya sehingga cocok untuk menjadi perwakilan suatu organisasi.

  1. SERVER (SER):

Anda orang yang senang melayani dan mendahulukan orang lain.

  1. SELLER (SEL):

Anda senang mempengaruhi atau meyakinkan orang lain baik dengan cara memelihara hubungan, menonjolkan kehebatan produk/jasa yang anda jual ataupun dengan cara membujuk orang untuk membeli.

  1. MOTIVATOR (MOT):

Anda suka memajukan orang lain dengan cara memberi panduan, semangat atau juga inspirasi.

  1. COMMUNICATOR (COM):

Anda senang menjelaskan sesuatu yang biasa menjadi luar biasa baik lisan maupun tertulis, dan umumnya suka tampil di depan.

9 thoughts on “Inilah Saya

    • salam bisma juga mas hafif
      iya, itu hasil dari test talent mapping dan bisa digunakan untuk mengenal potensi bakat kita untuk dikembangkan. saya ikut testnya dari teman saya. klo mau bisa kontak saya juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s